Keyword tidak hanya sekedar unik dan sesuai dengan Website. tetapi harus juga mempertimbangkan popularitas keyword dan berapa banyak situs lain yang menggunakan keyword tersebut.


Sebuah rumus untuk memilih keyword yang tepat di buat oleh sumantra Roy, yaitu Keyword Effectiveness Index (KEI). KEI ini menunjukan sejauh mana keefektifan dari keyword yang anda pakai. Penurunan rumus KEI ini didasarkan pada aksioma :



  1. KEI dari sebuah Keyword akan meningkat jika popularitas keyword tersebut juga meningkat . Popularitas Keyword adalah jumlah keyword yang digunakan oleh pengunjung search enggine untuk mencari informasi tertentu. Semakin banyak orang mengetikkan keyword tersebut pada search enggine, maka keyword tersebut akan Populer.

  2. KEI sebuah keyword akan menurun jika kompetitor yang menggunakan keyword tersebut semakin bertambah. Kompetitor adalah website yang menggunakan keyword yang sama dalam search engine yang bersangkutan.

  3. Jika sebuah keyword semakin meningkat kepopulerannya, sementara kompetitor tetap, maka nilai KEI akan meningkat.


Dari ketiga aksioma diatas, maka rumus KEI adalah :


KEI = POPULARITAS*POPULARITAS/KOMPETITOR


Akhirnya ...


Pemilihan keyword untuk mencapai Nilai KEI yang tinggi anda harus selektif dengan memperhitungkan ketiga aksioma KEI tersebut diatas.